Serial Animasi Hamzah dibuat dengan Plotagon

 Assalamu'alaikum wr.wb.

Halo sobat inibudi! Beberapa minggu ke belakang alhamdulillah saya berkesempatan untuk mencoba sebuah aplikasi pembuat animasi. Aplikasi ini terbilang mudah untuk digunakan oleh siapapun tanpa memiliki kemampuan dasar pembuatan animasi. Aplikasi ini pun dapat digunakan dengan mudah baik itu menggunakan laptop atau PC maupun lewat smartphone. Mungkin sebagian diantara sobat sudah mengetahui aplikasi apa itu? Ya, aplikasi pembuat animasi yang mudah tersebut adalah Plotagon.

Plotagon memberikan pengalaman proses pembuatan animasi yang berbeda. Dulu saat masih kuliah saya pernah mencoba membuat animasi dengan menggunakan Anime Studio, dan ada seorang teman yang menggunakan animasi buatan saya tersebut untuk bahan tesis S2 nya, alhamdulillah. Rupanya proses pembuatan animasi dengan Plotagon dengan Anime Studio yang dulu saya gunakan sangat berbeda. Jauh lebih mudah menggunakan aplikasi Plotagon.

Plotagon memudahkan para penggunanya dengan fitur-fitur yang cukup instan. Beberapa fitur instan tersebut misalnya pembuat karakter. Kita bisa membuat karakter yang baru dengan sangat mudah. Tinggal memilih bentuk wajah, bentuk mata, bentuk rambut, pakaian, asesoris, dsb. Tidak perlu menggambar lagi. Bahkan tanpa membuat karakter baru pun bisa karena Plotagon telah menyediakan puluhan karakter yang unik. Di Plotagon juga tersedia pembuatan karakter acak atau random, yaitu sekali klik maka akan terbentuk karakter yang baru. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Dari sisi pergerakan atau animasi, Plotagon sangat mudah digunakan. Kita tidak perlu secara manual menggerakan gambar. Misalnya kita ingin karakter itu menengok ke atas, maka tinggal pilih pergerakan menengok ke atas, sekali klik langsung menengok. Atau misal kita ingin karakter tersebut batuk, maka tinggal klik animasi batuk, sekali klik langsung batuk. Hehe

Nah, biasanya kita juga direpotkan dengan background lingkungannya. Alhamdulillah di dalam Plotagon sudah tersedia backgroun 3D. Jika kita ingin memilih ruangan kantor maka klik Scene kantor, kemudian kita bisa menentukan di scene kantor tersebut karakter ingin di posisi mana. Luar biasa bukan?

Untuk saat ini, Plotagon tidak tersedia suara bahasa Indonesia. Sehingga kita harus merekam suara kita. Kalau bahasa yang tersedia, lebih mudah karena kita cukup mengetik naskah dan karakter tersebut akan merubah naskah kita menjadi suara secara otomatis. Namun sekali lagi, fitur tersebut belum tersedia dalam Bahasa Indonesia sehingga kita harus merekam suara secara manual. Walau demikian, Plotagon tetap memudahkan kita karena suara yang kita rekam akan secara otomatis diikuti oleh pergerakan mulut dari karakter yang kita gunakan. Sehingga tidak perlu lagi menyingkronkan gerakan mulut karakter dengan suara kita.

Dari sekian banyak kelebihannya, memang masih ada kekurangan. Nah kekurangan yang paling terasa dari aplikasi Plotagon ini adalah terbatasnya jenis gerakan karakter, karena kita tidak bisa menambahkan gerakan yang baru. Misalnya kita ingin berjalan atau berlari. Maka hanya tersedia 4 gerakan berjalan saja itu pun di scene tempat tertentu, tidak bisa di semua tempat.

Nah channel youtube yang sudah populer yang menggunakan aplikasi Plotagon ini diantaranya Si Kribo dan Griya Animasi. Selanjutnya jika sobat ingin melihat contoh video yang saya buat dengan Plotagon bisa dicari di channel saya Budi Rachmat Kurniawan atau klik di sini.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di cerita selanjutnya.


Salam Pembelajar

Comments

Popular Posts