Tips membuat media pembelajaran kekinian

Halo sobat, apakah sobat pernah kepikiran untuk membuat media pembelajaran yang interaktif hanya dengan menggunakan kemampuan Powerpoint?
Jika sobat memiliki keinginan tersebut, maka artikel ini sangat cocok untuk sobat baca sampai tuntas.

Di sini saya ingin memberikan tips-tips berdasarkan pengalaman saya dalam dunia pendidikan. Saat ini saya memang mengajar di Sekolah Dasar Baiturrahman Tasikmalaya. Walaupun di jenjang SD yang notabene nya masih jarang dan dilarang anak-anak untuk menggunakan gadget, namun kelak bahkan selama lockdown kemarin sudah terasa kebutuhan media pembelajaran online pun harus dikuasai oleh seorang guru dari jenjang mana pun.

Mari kita mulai ke tips yang pertama :
1. Untuk membuat media pembelajarn, yang paling mudah adalah dengan membuat rekaman video ketika kita sedang mengajar. Walaupun kita sedang di rumah, tetapi posisikan diri kita seperti sedang di kelas dan melihat ke kamera seolah-olah ada peserta didik dihadapan kita. Maka, pembelajaran akan serasa interaktif walaupun tanya jawab tidak bisa berlangsung real time. Kelebihan dari metode rekaman video ini adalah, hasil rekaman bisa diedit dulu dan disimpan untuk kebutuhan lainnya di masa yang akan datang dan juga bisa diupload ke YouTube untuk membuat konten pendidikan. Siapa tahu bisa menjadi sumber penghasilan tambahan juga.

2. Tips yang kedua adalah membuat video mengajar dari kelas online. Lho, kan online? Iya memang kita berinteraksi dengan peserta didik secara streaming namun sambil kita merekamnya. Kelebihannya adalah interaktif dan bisa disave untuk kebutuhan mendatang. Namun kekurangannya tidak bisa diedit terlebih dahulu kecuali versi yang disavenya yang kita edit.

3. Membuat media pembelajaran dengan menggunakan software presentasi. Biasanya yang saya gunakan adalah Powerpoint. Dengan menggunakan Powerpoint kemudian direkam itu sudah cukup, namun untuk presentasi yang lebih powerfull sobat bisa menggunakan add on atau software tambahan yang akan terpasang di Powerpoint, namanya Ispring Suite 9. Nah dengan bantuan Ispring Suite 9 ini, maka Presentasi Powerpoint sobat akan bisa dibuat sangat interaktif bahkan bisa menjadi konten LMS (Learning Mangement System) bahkan saya sudah memasukan media yang saya buat dengan aplikasi ini di Playstore. Nah untuk langkah-langkahnya sudah saya terangkan di channel YouTube saya tinggal search di YouTube " Tutorial Ispring Suite 9" dan pilih playlist ya sudah banyak videonya. Oh iya nama channel saya "Budi Rachmat Kurniawan".

4. Media pembelajaran yang terakhir adalah dengan membuat modul online. Bisa berupa Blog, Pdf interaktif, HTML5 yang jelas berupa modul namun ditampilkan dalam dunia Maya, peserta didik tidak perlu printout modulnya tetapi langsung melihat panduan dan mengirim tugas yang diharapkan via online.

Nah itu hanya sebagian kecil ya, sangat sedikit tips mengenai ide pembuatan media pembelajaran. Silahkan buat sobat yang ingin menambahkan, tulis di kolom komentar ya. 


Salam pendidikan!

Comments

Popular Posts