Mengapa harus memiliki blog?


Halo sobat kali ini saya ingin memberikan opini terkait pentingnya memiliki sebuah blog.
Diantara sobat sekalian mungkin sudah tidak aneh lagi ya dengan yang namanya blog? Namun barangkali ada yang belum mengenalnya maka saya sampaikan sedikit saja ya.

Blog adalah singkatan dari weB log jadi Blog. Blog merupakan salah satu jenis dari aplikasi website yang berisi tulisan atau postingan-postingan. Biasanya postingan dalam blog diurut berdasarkan waktu penerbitan yang terakhir walaupun bisa juga diatur tidak demikian. Secara sederhana contoh dari blog adalah www.inibudi.web.id ini yang sedang sobat baca. 

Bagian dari blog sama seperti bagian dari website pada umumnya, yaitu minimal memiliki 2 alat. Domain dan hosting. Domain adalah nama seperti "www.domainanda.web.id" ibarat nama dari sebuah folder, sedangkan hosting ibarat hardisk tempat sobat menyimpan foldernya.

Nah, apa keuntungan memiliki blog pribadi? Bukankah sudah cukup dengan memiliki akun media sosial seperti Facebook dan Instagram? 

Untuk menjawab pertanyaan di atas, simak terus penjelasan saya ya sobat. Kalau nanti ada tambahan atau pendapat lain silakan kirim di kolom komentar ya.

Di era serba digital ini pertukaran informasi sangat cepat dan juga sangat luas jaringannya. Bahkan kita bisa berkomunikasi dengan orang dari tempat yang jauh dari kita. Sosial Media memang bisa menjadi alat kita untuk berkomunikasi, namun sebesar apa pun jumlah teman atau  pengikut kita di sosial media, ada waktunya perusahaan sosial media itu hengkang. Contohnya Google Plus, siapa sangka akun-akun besar di Google Plus pada akhirnya harus memulai lagi dari awal di sosial media yang lain karena Google menutup layanan jejaring sosial mereka. Bahkan YouTube dan Facebook pun mungkin ada waktu untuk berganti dengan perusahaan yang lain.

Maka salah satu keuntungan dari memiliki blog pribadi adalah kita memiliki otoritas sendiri, mau berapa tahun kita memiliki blog itu asal kita bisa membayar sewa hosting dan domainnya.

Maka, point' keuntungan yang pertama adalah otoritas sendiri yang ada dalam blog. Bahkan jika sobat mempelajari lebih dalam, blog sobat itu bisa juga dikembangkan menjadi jenis website yang lain, tidak hanya  tulisan-tulisan saja. Misalnya saat ini sobat gunakan blogger karena hosting ya gratis, tiba-tiba layanan blogger akan dihapus oleh Google, maka saat ada pemberitahuan (saat penutupan Google Plus juga ada pengumuman dahulu) backup lah blog sobat itu, kemudian beli hosting murah dan upload di wordpress blog. Maka semua postingan bahkan sampai komentar-komentar nya akan muncul lagi di blog sobat yang baru dipindahkan itu. Semakin hari semakin banyak ide dan pengunjung, maka sobat bisa tambahkan fitur demi fitur dari blog sobat itu, misal ditambahkan fitur online shop ya, fitur e-learning ya, fitur keanggotaan, forum bahkan bisa juga menjadi sosial media yang baru, tentunya dengan bantuan dari plugin yang sudah tersedia di wordpress dan keahlian sobat yang terus belajar. Tidak perlu koding yang mendalam karena biasanya penyedia plugin akan membantu mensetting blog sobat. Setelah semakin rumit barulah sobat cari ahli pemrograman untuk terus mengembangkan blog sobat itu.

Waw.. Memang terdengar fantastis ya, tetapi itulah keleluasaan memiliki blog pribadi.

Keuntungan yang kedua adalah branding yang lebih profesional. Walaupun blog sudah ada sejak lama sebelum adanya sosial media, tetapi jumlah penggunanya tidak sebanyak sosial media. Maka keunikan inilah yang kita manfaatkan untuk branding merk atau profil kita. Ibarat bangunan rumah atau kantor, blog ini kita berupa bangunan tunggal, bukan sewa kost atau ruko di mall. Jadi hanya ada kita di www.domainkita.com nya itu. Nah maka, jadikan media sosial sebagai pasar dan blog sebagai rumah kita. Sepopuler apa pun di YouTube itu adalah pasar maka kita harus ada blog sebagai tempat satu-satunya yang hanya ada postingan kita. Ya itulah branding supaya lebih mudah dikenal, kalau sudah dikenal dan dipercaya mau jualan juga kan mudah ya.. hehe

Nah secara garis besar itulah keuntungan kita memiliki sebuah blog. Masih banyak keuntungan lain yang tentu lebih spesifik tergantung kategori blognya juga. Misalnya blog pendidikan, maka akan memudahkan saat memberi tutorial atau media pembelajaran kepada para pembaca, bisa menentukan kursus onlinenya berbayar atau gratis, bisa membuat forum online sendiri, dll.

Jika sobat ada yang ingin didiskusikan silakan komen di kolom komentar ya dan jangan lupa ikuti tutorial-tutorial saya di channel Budi Rachmat Kurniawan. Terimakasih


Salam Pembelajar!

Comments

Popular Posts