Mendesign Powerpoint Presentation Bag I


Tampilan Loading


Tampilan Isi

Kali ini saya ingin share seputar membuat slide presentasi powerpoint dengan tampilan seperti website atau blog. Seperti yang terlihat di atas atau di samping. Atau malah tidak terlihat. Hehe..  Sebenarnya slide powerpoint ini saya merupakan tugas mata kuliah ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) yang ditugaskan beberapa bulan yang lalu. Tapi, dengan berbagai alasan akhirnya baru sekarang ini terrealisasikan untuk disahare. Maaf ya!
Langsung saja ke TKP!
Membuat Tampilan Loading
Tampilan Loading yang saya buat sangat sederhana. Hanya menggunakan Gambar hasil searching dari mbah google, yaitu gambar peta Indonesia denan latar putih, tampilan loading yang merupakan gambar animasi berformat *.gif (gambar yang bulat) dan tulisan memuat yang dibuat dengan powerpoint menggunakan custom animation (pada gambar tulisan “Memuat”). Cara memasukan animasi ke tulisan Memuat adalah sebagai berikut : (Mohon maaf untuk yang sudah master, karena di sini saya sahare dari seawall mungkin)
1.      Buat tulisan “Memuat”           : Klik menu Insert > klik Text Box > Drug dan ketik.

2.      Klik pada objek Text Box tepatnya pada garisnya, sehingga garisnya tidak putus-putus.
3.      Klik menu Animations > Custom Animation

            4. Klik Add Effect > pilih Entrance > klik More Effect sehingga muncul dialog box seperti yang ditandai kotak warna merah. Biar lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini deh!


      5.      Pada Dialog Box pilih Wipe > Klik OK atau tekan tombol Enter pada keyboard.
Animasi untuk tulisan memuat telah dimasukan. Untuk melihat tekan F5! Bagaimana animasinya?
Supaya loadingnya lebih indah ikuti langkah berikut :
    1.      Buat garis (bukan gambar) yang berbentuk lingkaran. Caranya Klik Insert > Shapes > Pilih gambar lingkaran > drug mouse (klik dan tarik mouse)

     2.      Klik menu Format > Shape Fill > Klik No Fill sehingga bagian tengah lingkaran tidak berwarna seperti gambar di bawah.

3.      Klik kanan pada garis lingkaran. Klik Format Shape sehingga tampak dialog box kemudian klik Line Color > Pilih Gradient Line > Klik Preset Color > Pilih Nightfall (tengah paling atas), sehingga dialog box seperti di bawah ini.
     4.      Masih pada dialog box Format Shape. Kalau tadi Preset Color, sekarang klik Direction > Pilih Linear Right
          
      5. Masih sama pada dialog box Format Shape. Kalau tadi Line Color, maka sekarang Line Style. Klik Line Style > isi width dengan angka 10. Width ini untuk mengatur ketebalan garis yang kita buat. Wdith ini bisa diisi dari nilai 0 pt sampai 1584 pt. Coba aja! Heh
e
     6.      Klik Close. Bagaimana hasilnya?
   7.   Setelah lingkaran dibuat kita tinggal memasukan animasi seperti saat memasukan animasi pada tulisan “Memuat”. Maaf saya tidak akan mengulangi penjelasannya ya! J
Yang menbedakannya dalam animasi yang dimasukannya yaitu kalau tadi pada tulisan “Memuat” itu kita menggunakan effect Entrance (warna hijau) yang Wipe, sedangkan untuk garis lingkaran kita menggunakan effect Emphasis (warna kuning) yang Spin.
Animasi garis lingkaran sudah dimasukan tinggal buat latar berwarna hitam untuk loading, atau disesuaikan dengan selera dan keindahan saja kalau warna. Tetapi di sini saya menggunakan background warna hitam dan tulisan “Memuat” warna putih sehingga hasilnya seperti di bawah ini.
Tunggu dulu belum selesai. Kita baru memasukan animasi, tetapi animasi tersebut belum disetting. Sekarang pilih sorot kedua animasi pada dialog box Custom Animation (disebelah kiri), kalau tidak ada klik menu Animations > klik Custom Animation. Cara menyorotnya jangan di drug, tetapi di klik pada animasi pertama > tekan shift+panah ke bawah, atau sebaliknya klik pada animasi kedua > tekan shift+panah ke atas. Sehingga kedua animasi terpilih maksudnya supaya cepat karena nanti pengaturan yang digunakan adalah sama, bisa juga sih satu-satu. J Kalau bingung lihat aja deh gambar di bawah ini. Hehe..

Klik pada panah yang menunjuk ke bawah pada animasi yang telah disorot. Klik Timing > ubah pengaturan Start menjadi With Previous (animasi aktif sendiri saat slide terbuka) dan ubah juga pengaturan Repeat menjadi Until End of Slide (animasi akan terus aktif / diulang-ulang). Beres.. Nah tambahan pilihan saja kalau ingin slide loading ini bisa berpindah sendiri maka klik menu Animations > sebelah kanan menu bar ada Advance Slide > jangan chek list tanda On Mouse Click, tetapi check list pada Automatically After berapa detik yang teman-teman inginkan untuk berjalannya slide loading ini. Formatnya kan 00:00, jadi kalu ingin slidenya berpindah otomatis setelah 7 detik maka isinya dengan 00:07. Ya iyalah!
Untuk sekarang sekian dulu, kita baru selesai membuat Tampilan Loading, untuk Tampilan Isi kita lanjut dilain kesempatan udah pegel nih.. J

Selamat mencoba…

Komentar

Postingan Populer