Guru Youtuber | Apa manfaatnya? Yuk diskusi




Halo sahabat, kali ini saya ingin membahas tentang guru youtuber. Guru youtuber ini maksudnya bukan orang yang mengajar tentang ilmu peryoutuban yah, tetapi orang yang berprofesi sebagai guru yang juga aktif dalam mengisi konten di youtube. Baik kita mulai ya.

Saat mengikuti Program Profesi Guru di tahun 2018, istilah Pendidikan Abad 21 sangat sering saya dengarkan. Dari banyaknya sisi khas pendidikan abad 21, ada satu hal yang saat pandemi ini terasa kebutuhannya. Apakah itu? Ya, Media Pembelajaran yang berbasis teknologi internet. 

Kalau kita berpikir positif, rupanya masa PSBB memberikan kita kesadaran akan butuhnya peran teknologi yang dimasukan ke dalam dunia pendidikan. Alhamdulillah ada beberapa lembaga yang sampai memberikan pelatihan gratis bagi siapa saja yang ingin mempelajari media pembelajaran berbasis internet, beberapa yang saya dapatkan informasinya yaitu pelatihan membuat quiz di Google Form, membuat konten edukasi di youtube, bahkan ada yang sampai mengedit video. Nah, di channel Youtube saya yang ini (Budi Rachmat Kurniasan) saya juga membagikan tutorial membuat aplikasi pembelajaran sampai bisa dijalankan di Android. Silakan sobat kunjungi dan share, siapa tahu ada yang membutuhkan.

Nah, kembali ke Guru Youtuber, apa manfaatnya seorang guru menjadi youtuber?

Seperti sebuah pisau bermata dua sebenarnya youtube ini, ada sisi yang baik yang akan mendukung proses kegiatan belajar mengajar tetapi ada juga sisi negatifnya ketika kita terpancing untuk membuat konten yang tidak mengedukasi. Tentu bagi seorang guru konten hiburan boleh-boleh saja, tetapi tentu yang utama adalah konten pendidikan. Supaya ketika kita hendak mengajar di kelas, sudah tersedia banyak konten pendidikan buatan kita sendiri.

Selain memberikan konten yang original, menjadi guru youtuber juga bermanfaat untuk melatih komunikasi kita di lingkungan yang baru. Guru memang terbiasa untuk berbicara di depan umum, tetapi konteksnya di lembaga pendidikan. Nah, buat sobat guru yang masih grogi ketika harus berbicara di atas panggung yang berbeda, disaksikan oleh berbagai kalangan, maka menjadi guru youtuber insyaAllah akan menjadi terapi yang bagus untuk melatih kemampuan tersebut.

Masih banyak manfaat yang lain, namun karena keterbasan dan supaya terjadi diskusi (alasan), maka silakan buat sobat yang ingin menambahkan manfaat dari guru youtuber bisa mengisi di kolom komentar ya.

Comments

Popular Posts