Cintai Budaya Sendiri!


Duh.. Baru posting lagi rasanya begini ya! Gak beda kayak malam minggu kemarin waktu mulai lagi main kecapi. Ingat lagi satu lagu rasanya lega. Ngomong-ngomong kecapi, kata guru saya alat musik yang satu ini mulai sedikit peminatnya. Yah.. Begitulah kalau dibandingkan dengan alat musik gitar memang begitu adanya. Memang tidak aneh bila banyak orang asing atau bule yang tertarik dengan alat musik ini, wong kita juga tertarik dengan alat musik mereka. Betul.. betul.. betul?? (Ini punya Malaysia - Upin-Ipin. Jadi, jangan ngaku2).

Belajar alat musik kecapi dan alat musik daerah yang lainnya menurut saya tidak harus merasa gengsi, udah gak zaman lagi malu ma kebudayaan sendiri. Emang mau kecapi diakuin milik bangsa lain. Sekedar opini saja, kita harus benar-benar belajar dari sejarah dan pengalaman. Banyak kebudayaan kita yang deperebutkan dengan bangsa lain.. Alangkah baiknya kalau sebelum diakuin oleh bangsa lain, maka kita tunjukan bahwa budaya itu milik kita, tentunya dengan cara yang sesuai. Kalau bisa kita pelajari ya pelajari, kalau cuma bisa kita nikmati ya nikmati, ya beli, ya pakai, ya koleksi. Haha.. 

Sudah jelas terlihat pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayaan sendiri? Jadi, ayo sama-sama kita lestarikan budaya sendiri. Tapi, ikuti juga perkembangan zaman, tapi hanya sekedar mengenal sebagai wawasan. Kalau budaya sendiri selain harus kenal juga harus dicintai.
Sudah dulu kawan, kita lanjutkan dilain kesempatan. Walau sedikit semoga bermanfaat. Aamiin.. 

Selamat Berbangga dengan budaya sendiri.. :-D




Komentar

Postingan Populer