Orientasi PPG Daljab 2018 Kampus Sanata Dharma

Orientasi PPG Daljab 2018
Kampus Sanata Dharma
Kisah tentang PPG Daljab 2018 sepertinya akan banyak menjadi konten saya kali ini. Berpisah dengan banyak orang di Tasikmalaya dan hanya laptop dan HP yang ikut dengan saya membuat saya semakin banyak berinteraksi dengan mereka (laptop dan HP) hehe.

Sering disebutkan bahwa "Tak kenal maka ta'aruf", "Tak kenal maka tak sayang" dsb. Mungkin itu juga yang dipikirkan oleh para panitia PPG Daljab ini. Sebelum kami bergerak lebih jauh, kami terlebih dahulu diperkenalkan dengan seluk beluk kampus dan kegiatan-kegiatan yang akan kami lalui melalui sebuah orientasi. Tentu dengan orientasi yang dulu-dulu disisipi perpeloncoan. Inilah orientasi yang sebenarnya. 

Dari hasil orientasi ini saya mendapat informasi bahwa ternyata ada kelompok Guru Daerah Khusus (Gurdasus) yang sama-sama mengikuti PPG di kampus ini. Mereka berasal dari kalimantan. Gurdasus ini sempat membuat kami iri, karena katanya tidak melalui proses Daring 3 bulan yang membuat kami sering begadang. Di orientasi ini akhirnya pemikiran itu terbantahkan. Para peserta Gurdasus itu memang tidak melalui proses Daring 3 bulan, alasannya karena di daerah mereka internet masih sulit diakses ditambah website Hybrid Learning tempat kami kuliah online memang membutuhkan sinyal yang kuat. Para peserta Gurdasus ini tidak mengalami Daring 3 bulan, tetapi beliau-beliau ini melalui pendalaman materi 24 hari berturut-turut dari pagi hingga sore tanpa mengenal hari libur. Sempat libur 1 hari berkat diajukan dengan alasan Tahun Baru Hijriyah. 

Ternyata hidup memang saling menyangka. Kami kira enakan PPG sebagai Gurdasus, dan Gurdasus kira enakan PPG seperti kami Daring. Rupanya sama saja. Itulah ujian, sudah Allah takar dengan kadarnya masing-masing.

Oiya duduk di bangku tempat orientasi ini rasanya seperti anggota DPR hehe. Dan kami pun memang Dewan Perwakilan Rakyat di bidang pendidikan. Tidak semua rakyat bergelut langsung di pendidikan kan? Maka di sana lah kami mewakili rakyat untuk mendidik bangsa ini.

Dengan dimulainya proses orientasi ini, maka dimulailah kehidupan kami di kampus. Melihat jadwal yang luar biasa kini tidak aneh lagi. Ternyata memang semuanya sama ujiannya. Mengapa perjuangan itu pahit? Ya, karena kesuksesan itu manis. Ayo semangat belajar semangat perubahan.

Komentar

Postingan Populer